Otomotif

Sebelum Touring, Kenali 11 Kode Club Motor Ini Terlebih Dahulu

kode club motor

Mallaha – Bagi Anda yang baru join dengan club motor dan hendak touring, ada baiknya Anda memahami kode club motor terlebih dahulu. Pasalnya, kode ini digunakan sebagai bentuk komunikasi antara pemimpin dan anggota lainnya saat berada diperjalanan. Tujuannya untuk memberitahukan keadaan di sekitar jalan dari pemimpin ke anggota di belakangnya.

kode club motor

1. Jari Telunjuk Diputar

Artinya Anda harus menyalakan mesin motor. Apabila Anda menjadi anggota yang terakhir menyalakan motor, Anda harus membunyikan klakson sebagai tanda semua anggota telah siap. Tujuannya untuk memberitahukan kepada pemimpin bahwa perjalanan bisa dimulai. Apabila pemimpin menangkap info klakson tadi, maka pemimpin akan merespon dengan acungan jempol.

2. Tangan Kiri Terbuka dan Diangkat Setinggi Pundak

Apabila Anda sebagai anggota melihat pemimpin melakukan isyarat ini, tandanya akan mengarah dan belok ke kiri. Jadi, Anda harus memperhatikan gerak-gerik pemimpin setiap saat. Anda juga harus menirukan setiap gerakan untuk memberitahukan kepada anggota lainnya. Supaya anggota yang di belakang Anda pun juga bisa memahami hendak ke mana.

3. Tangan Kiri Terbuka dan Diangkat Sampai Posisi di atas Helm

Isyarat ini memiliki arti semua rombongan harus belok ke kanan. Biasanya pemimpin akan mengulangi gerakan ini secara berulang-berulang agar anggota bisa mengetahui. Anda yang sebagai anggota lebih baik juga mengikuti agar anggota yang di belakang Anda juga dapat mengikutinya.

4. Jari Telunjuk Tangan Kiri Mengarah ke Bawah

Isyarat ini menandakan ada bahaya di sisi kiri. Pada umumnya, pemimpin akan melakukan kode ini apabila pemimpin melihat ada lubang pada jalan. Hal ini dilakukan pemimpin, sehingga dapat memperingatkan anggota agar lebih berhati-hati pada sisi kiri karena bisa membahayakan.

5. Kaki Kanan Turun ke Bawah

Kode ini kebalikan dari kode sebelumnya. Artinya menandakan ada bahaya di sebelah kanan Jika keadaan di jalanan memungkinkan, pemimpin akan menandakan dengan tangan kanan yang digerakkan ke bawah. Tapi kalau tidak bisa, maka diwakilkan dengan kaki sudah cukup.

6. Tangan Kiri Diangkat dan Menunjukan Jari ke Depan

Apabila Anda melihat pemimpin melakukan kode ini, maka artinya semua anggota harus menambah kecepatan motornya. Keputusan ini diambil mengingat kondisi jalanan sedang kosong dan dalam keadaan bagus tidak ada halangan. Jadi, bisa mempercepat perjalanan.

7. Telapak Tangan Kiri Dimainkan Secara Perlahan

Artinya, pemimpin menginstruksikan kepada semua anggota untuk mengurangi kecepatan. Hal ini dilakukan saat Anda bersama rombongan hendak melewati tikungan atau jalanan sedang dalam kondisi yang ramai.

8. Telapak Tangan Kiri Mengepal dan Diarahkan dari Bawah ke Atas

Artinya, pemimpin menyuruh kepada semua anggota untuk merapatkan barisan. Penggunaan kode ini biasanya dilakukan apabila dalam perjalanan ada bahaya. Selain itu adanya lampu merah juga menggunakan kode ini.

9. Tangan Kiri Diangkat dan Memperlihatkan Dua Jari

Artinya menandakan semua anggota harus melakukan 2 baris dengan kecepatan rendah. Jadi, jangan terlalu membuat barisan memanjang satu persatu. Namun sesama anggota berjajar membuat 2 baris. Biasanya pemimpin menyuruh melakukan ini saat kondisi jalanan sedang kosong.

10. Tangan Kiri Melingkar ke Atas Helm Lalu Membuka Telapak Tangan

Artinya, pemimpin menyuruh membuat formasi dengan 1 baris. Hal ini dilakukan apabila  formasi berkendara sebelumnya 2 baris. Selain itu mengingat kondisi jalanan juga mulai menyempit dan hanya bisa digunakan 1 baris.

11. Telapak Tangan Tangan Kiri di Arahkan ke Bawah Lalu Terbuka

Apabila Anda melihat pemimpin melakukan kode ini, berarti semua anggota harus berhenti. Pada umumnya, pemimpin akan melakukan isyarat ini secara berulang dan terus-menerus agar anggota di belakangnya lebih jelas terhadap instruksi pemimpin.

Demikianlah beberapa kode club motor yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Kode ini penting untuk diingat karena sebagai simbol atau isyarat komunikasi antar sesama pengendara. Selain itu, jangan pernah melewatkan gerak-gerik pemimpin agar cepat menangkap instruksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *